Tanya Jawab Penting Seputar Pembuatan Janji Temu Dokter SehatQ

  • Whatsapp

Di masa pandemi Covid-19, Anda tidak leluasa bepergian. Bahkan untuk pergi makan atau belanja saja sangat dibatasi, apalagi untuk pergi ke rumah sakit melakukan konsultasi penyakit yang diderita, harus buat janji dokter terlebih dahulu sehingga tidak mengantre dan mengakibatkan kerumunan.

Read More

Namun, masih banyak pasien yang tidak begitu paham dengan pembuatan janji temu semacam ini dan lebih memilih datang langsung ke rumah sakit maupun klinik untuk mengantre. Sangat disayangkan apabila hal yang dimaksudkan untuk memudahkan pasien ini tidak dipahami dengan baik. Oleh sebab itu, bagi Anda yang kurang memahaminya jangan segan untuk bertanya.

Dengan bertanya, Anda akan bisa mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang membingungkan seputar bagaimana cara membuat janji temu dengan dokter. Kali ini, kami punya informasi mengenai beberapa pertanyaan yang seringkali muncul di benak pasien.

Pertanyaan Seputar Janji Temu Dokter yang Sering Muncul

Terkadang, pasien bingung ingin bertanya ke mana untuk mengetahui hal-hal seputar janji temu dengan dokter sehingga hanya menyimpan pertanyaannya saja. Padahal ada banyak cara bisa dilakukan, salah satunya dengan mengakses lama SehatQ. Untuk membantu Anda kami punya beberapa pertanyaan disertai jawaban tentang hal tersebut.

1. Apakah Bisa Membuat Janji Temu Dokter dengan Memanfaat Tunjangan Perusahaan atau Asuransi?

Biaya berobat mahal sehingga banyak orang ragu berkonsultasi dengan dokter karena takut harus membayar mahal. Jika bekerja di sebuah perusahaan atau punya asuransi kesehatan akan sangat membantu biaya berobat.

Namun, apakah bisa digunakan untuk membuat janji temu dengan dokter? Tentu saja bisa. Asalkan dokter yang dipilih sudah bekerjasama dengan perusahaan tempat Anda bekerja atau asuransi kesehatan yang dimiliki. Jangan lupa, saat hendak membuat janji sertakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

2. Apakah Jadwal di Janji Dokter Sesuai dengan Jadwal Dokter di Rumah Sakit?

Biasanya, jika Anda buat janji dokter melalui aplikasi atau dengan menghubungi pihak layanan jadwalnya akan disesuaikan langsung dengan jadwal rumah sakit. Oleh sebab itu, akan sesuai antara janji temu dan jadwal dokter di rumah sakit.

Namun, apabila tidak ada kesesuaian atau ada perubahan jadwal akan segera diinformasikan oleh admin sehingga Anda bisa mengubah jadwal atau mencari dokter spesialis sejenis yang tersedia saat itu.

3. Bagaimana Cara Melakukan Pembuatan Janji Temu?

Pertama, Anda bisa membuka laman SehatQ dan masuk ke menu pembuatan janji temu dokter. Selanjutnya, masuk dalam menu pendaftaran, pilihannya ada pendaftaran umum dan BPJS.

Jika pendaftaran umum Anda langsung memilih poliklinik yang sesuai dengan keluhan, lalu pilih dokter dan jadwalnya. Kemudian masukkan nomor telepon Anda dan kode verifikasi. Selanjutnya, masuk metode pembayaran dan akan langsung mendapatkan SMS rincian konfirmasi.

Jika menggunakan BPJS, harus memilih pendaftaran BPJS kemudian pilih poliklinik sesuai surat rujukan, lalu pilih dokter dan jadwal. Masukkan nomor ponsel dan verifikasi. selanjutnya unggah dokumen surat rujukan dan surat kontrol. Terakhir, tinggal konfirmasi & daftar. Lalu tunggu konfirmasi pendaftaran Anda.

4. Apa yang Dilakukan Setelah Pendaftaran?

Anda tinggal menunggu dihubungi oleh admin tempat melakukan registrasi dan mengkonfirmasi waktu serta tempat konsultasi saat hari H. Apabila tidak bisa, Anda dapat menjadwalkan ulang di hari lain.

Selain untuk diri sendiri, Anda juga bisa menggunakan jalur registrasi buat janji dokter untuk orang lain, misalnya untuk anak atau orangtua. Di SehatQ pilihan jadwal pembuatan janji temu serta dokter penyakit ada banyak sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan pilihan penyakit yang diderita. Selain membuat janji temu dokter, Anda juga bisa konsultasi online dengan dokter SehatQ dan mengakses berbagai informasi penting dunia kesehatan lainnya.

 

Sumber:

1. https://www.halodoc.com/faq/category/buat-janji-dokter

2. alodokter.com/cari-dokter/dokter-umum

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *