SIM Hilang? Tak Usah Panik

  • Whatsapp

Kehilangan SIM memang bukanlah hal yang diharapkan. Namun, terkadang hal yang tidak diharapkan memang menimpa seseorang. Kehilangan SIM bisa dikarenakan kecopetan maupun lupa menaruhnya. Hal pertama yang perlu dilakukan saat kehilangan SIM yaitu tidak perlu panik. Coba dicari lagi, dan diingat-ingat di taruh mana. Namun apabila tetap tidak ingat, sebaiknya Anda bersiap untuk mengurusnya kembali. Berikut ini cara mengurus SIM hilang, mudah dan tidak ribet.

Read More

Mencari Surat Kehilangan

Surat kehilangan dapat dicari di kantor polisi, jadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan datang langsung ke kantor polisi untuk mengurus surat kehilangan. Surat kehilangan ini akan dengan mudah kamu dapatkan, sebab pihak kepolisian dengan senang hati akan menolong Anda.

Datang ke Satpas

Setelah mengantongi surat kehilangan dari kepolisian, selanjutnya Anda perlu datang ke Satpas dengan membawa beberapa dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang dibutuhkan diantaranya yaitu surat kehilangan, KTP, dan fotokopi SIM yang hilang jika ada.

Datangi Loket Kesehatan

Tujuan mendatangi loket kesehatan adalah untuk mendapatkan surat kesehatan. Di loket ini Anda akan diperiksa, mulai dari tekanan darah, tes mata dan sebagainya. Tes kesehatan tidak membutuhkan waktu lama. Kemudian di loket ini Anda juga harus mengurus Asuransi Kecelakaan (AKDP), waktunya juga tidak terlalu lama.

Pendaftaran

Setelah mendapatkan surat kesehatan, Anda selanjutnya harus mengisi form pendaftaran dan menyerahkan dokumen-dokumen yang diurus di atas. Setelah itu mendatangi loket pembayaran pendaftaran. Setelah sudah diisi Anda harus menyerahkan formulir kepada petugas yang kemudian akan dicek.

Loket Verifikasi SIM

Kemudian Anda harus mendatangi loket verifikasi SIM untuk mengambil SIM hilang sebelumnya. Waktu yang harus Anda tunggu sekitar 5-10 menit.

Foto dan Sidik Jari

Pada bagian ini petuga akan mengambil foto, tanda tangan dan sidik jari Anda. Jangan lupa untuk mengecek sekali lagi data Anda, bisa jadi ada kesalahan tulis.

Biaya

Biaya mengurus SIM hilang untuk SIM A sebesar Rp. 130.000 dan SIM C sebesar Rp. 125.000.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *