Manfaat Seafood Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Seafood merupakan salah satu makanan yang kandungannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Menyantap seafood di restoran atau di pinggir pantai memang nikmat sekali. Namun di kala pandemi seperti saat ini, kegiatan di luar menjadi dibatasi. Tapi tenang saja, Anda masih bisa membeli bahan dasar seafood untuk Anda olah sendiri tanpa harus bepergian keluar. Anda dapat memanfaatkan startup perikanan indonesia dimana Anda dapat menemukan berbagai jenis ikan hingga lobster yang siap untuk diolah. Tentunya, dengan kondisi yang masih fresh.

Read More

Untuk Anda penggemar seafood, apakah Anda sudah tau manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi seafood? Ternyata, seafood mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, lho! Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Menyehatkan jantung. Seafood, terutama ikan laut, cumi, dan udang, mengandung Omega-3 yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Aliran darah pun menjadi lebih lancar dan kinerja jantung menjadi lebih optimal. Selain itu, dapat menurunkan risiko penyakit stroke dan aritmia jantung.

2. Mata menjadi lebih sehat. Saat ini, tingkat anak muda yang memakai kacamata meningkat pesat karena lebih sering beraktivitas secara online melalui smartphone atau laptop. Dengan mengonsumsi seafood, kualitas mata Anda akan lebih terjaga karena seafood, terutama ikan, dapat mencegah regenarasi sel-sel penyebab mata rabun.

3. Menurunkan hipertensi. Kandungan lemak pada seafood sangat rendah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi dalam jumlah yang banyak. Terlebih jika dimasak dengan minyak yang sedikit. Dengan kandungan Omega-3 yang tinggi, seafood dapat mengurangi risiko hipertensi. Jenis ikan yang mempunyai kandungan Omega-3 yang tinggi yaitu sardin, herring, salmon, dan makarel.

4. Mencegah Alzheimer. Manfaat lain dari mengonsumsi seafood adalah mencegah Alzheimer. Seafood, terutama salmon, sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak. Omega-3 pada ikan salmon berperan untuk mengembangkan sel otak. Selain salmon, udang, ikan laut, dan kerang, juga berperan aktif menjaga kinerja otak sehingga mencegah penyakit Alzheimer.

5. Mencegah depresi. Depresi dapat dialami oleh siapa pun. Depresi tidak boleh dianggap sepele karena dapat menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. Dengan mengonsumsi seafood, depresi dapat dicegah karena asam lemak Omega-3 pada seafood dapat memproduksi hormon dopamin dan serotonin dalam otak. Sehingga, akan tercipta suasana yang bahagia.

6. Menjaga kesehatan kulit wajah. Selain mengandung Omega-3, pada seafood juga terkandung vitamin, protein, dan kolagen yang dapat mencegah penuaan dini, mencegah keriput, dan memperbaiki kerusakan kulit lainnya.

Itulah 6 manfaat mengonsumsi seafood bagi kesehatan tubuh. Memang banyak rumor yang mengatakan bahwa jika dikonsumsi secara berlebih akan meningkatkan kadar kolesterol. Namun jika diolah dengan benar, seafood akan memberikan banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan. Semoga bermanfaat!

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/ini-7-manfaat-makanan-laut-untuk-kesehatan

https://kumparan.com/go-dok-indonesia/luar-biasa-ini-dia-7-manfaat-seafood-bagi-tubuh/full

https://www.cermati.com/artikel/7-manfaat-mengonsumsi-ikan-dan-seafood-bagi-tubuh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *